Created By Hirasaki Hyakuya

Home Top Ad

Cara memasang template di blogspot

Share:
cara memasang template di blogspot


Di posting kali ini, kita akan membahas tentang bagaimana caranya untuk mengganti template blog, sehingga tampilan blog kita menjadi lebih menarik atau enak dipandang. Mengganti template ini boleh dibilang merupakan tahap yang penting ketika kita mau membangun sebuah blog karena dengan tampilan blog yang menarik akan mempengaruhi jumlah pengunjung nantinya, selain itu pengunjung yang membaca blog kita jadi betah berlama-lama membaca blog kita, tentunya didukung dengan bacaan yang menarik juga.

Apa itu Template Blog?
Pengertian template itu sendiri yakni suatu file script yang memuat rangkaian kode-kode html dan kode-kode programming lain seperti CSS dan Javascript yang menjadi dasar dalam pembentukan sebuah tampilan blog. Filenya berbentuk file script yang berekstensi .xml. Mungkin bagi orang awam / pemula, kode-kode tersebut sangatlah rumit dan aneh. Tapi untuk tahap ini anda tidak perlu ambil pusing dengan hal itu.

cara mengganti template blogger

Sebenarnya untuk mengganti template blog sangatlah mudah jika kita ingin menggantinya dengan template bawaan langsung yang disediakan oleh blogger, di menu template. Tapi dalam hal ini kita akan membahas cara mengganti template blog dengan menggunakan template custom yang telah kita download sebelumnya. Jadi bukan template bawaan bloggernya. Karena terkadang template bawaan blogger agak kurang menarik dan kurang cantik jika dipandang. Oke sebelum kita bahas cara / tutorialnya, terlebih dahulu kita sudah harus punya file template yang akan kita gunakan untuk blogger kita. Dari mana kita bisa dapatkan / download file template?

Di internet banyak sekali situs penyedia template blogger dengan banyak pilihan motif dan variasi dan tentunya gratis / free download. Anda bisa download template-template keren di beberapa situs seperti btemplates.com, soratemplates.com, zoomtemplate.com, dll.

 Silahkan kunjungi situs-situs tersebut untuk mendapatkan template yang dikehendaki. Biasanya bentuk file nya berupa .zip yang perlu kita extract dulu untuk mendapat file template .xml nya. Baik, jika sudah dapat template yang diinginkan, silakan ikuti cara mengganti template blog berikut ini.


  1. Di sini saya menggunakan template dari btemplates.com, ada beragam jenis template yang disediakan bisa disesuaikan dengan isi blog kita. Silahkan cari template yang diinginkan. Kemudian klik tombol Download. Atau bisa cek dulu halaman demo nya dengan klik tombol Preview

cara mengganti template blogger


cara mengganti template blogger

2. Setelah file template terdownload, ekstrak file dengan menggunakan winrar, sehingga muncul folder yang berisi file template yang berekstensi .xml

cara mengganti template blogger

3. Masuk ke dashboard blogger, klik menu Template, klik tombol Cadangkan / Pulihkan

cara mengganti template blogger

4. Browse / cari file template yang sudah diesktrak tadi, kemudian klik open

cara mengganti template blogger

5. Klik Unggah, dan tunggu prosesnya beberapa saat.

cara mengganti template blogger

6. Setelah template ter-upload, maka tampilan blog anda akan langsung berubah. Bisa and lihat langsung tampilan blog anda yang baru dengan menekan tombol "Lihat Blog"

cara mengganti template blogger

Screenshoot panduan di atas masih menggunakan tampilan blogger lama. Adapun untuk tampilan blogger terbaru, cara mengganti template blog nya tidak jauh berbeda. Yang membedakan hanya pada tulisan menu "Template" yang kini berubah menjadi "Tema"

 Dan sekarang tampilan blog anda telah berhasil diubah. Demikian tutorial cara mengganti template blogger. Cukup mudah, bukan? Anda bisa mengganti template blog sesuka hati hingga berkali-kali, akan tetapi diusahakan agar jangan terlalu sering mengganti template.

Karena selain akan membuat pengunjung menjadi agak bingung dengan tampilan blog yang berubah terus - juga dengan terlalu sering mengganti template akan berdampak kurang baik juga terhadap SEO Blog. Tidak jarang jika kurang bijaksana dalam pelaksanaannya, mengganti template blog bisa saja menurunkan trafik/kunjungan ke suatu blog.

UPDATE !!

Di tampilan blogger terbaru sekarang ini, penggunaan istilah template telah berganti nama menjadi Theme atau jika dalam bahasa Indonesia 'Tema'.
 Tapi secara definisi, baik itu template maupun tema tetap memiliki pengertian yang sama. Jadi tidak usah ambil pusing, karena sejauh ini istilah 'Template' masih lebih familiar ketimbang 'Tema'.

cara mengganti template blogger

Selain itu, terhitung sejak awal tahun 2017 ini, Blogger telah menambahkan koleksi Tema terbaru, setelah sekian lama pilihan temanya itu-itu saja. Tampilan Tema/Template terbaru ini juga bisa dibilang cukup eyecatching (enak dipandang) dan juga SEO & Mobile Friendly. Dari segi kecepatan loading pun, template/tema baru ini juga cukup wuz..wuzz alias cepat, sehingga tidak kalah dengan template-template custom premium yang banyak tersebar di jagad internet.

Ada 4 Jenis Tema/Template baru yang disediakan Blogger, yakni Contempo, Soho, Emporio dan Notable. Berikut adalah tampilan preview Tema terbaru Blogger yang layak dicoba.

cara mengganti template blogger

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan template/tema bawaan blogger di atas, maka caranya tentunya gampang. Yaitu cukup pilih template/tema yang diinginkan, lalu klik Terapkan pada Blog.

Namun jika serasa kurang sreg dan ingin mengganti template dengan template custom ataupun template premium, maka terapkan panduan di atas dengan sebelumnya mendownload template terlebih dahulu.

TIPS MEMILIH TEMPLATE


*Pilihlah template/tema yang simple dengan latar background putih. Karena Google menyukai kesederhanaan tampilan. Lihat saja tampilan Google.com dan halaman pencarian, tampilannya hanya putih.

*Gunakan template yang loadingnya ringan. Jadi penting untuk mengecek kecepatan dari template yang hendak digunakan. Caranya adalah dengan membuka blog demo dari template tersebut, kemudian mengeceknya menggunakan tool dari situs gtmetrix.com . Masukkan alamat blog demonya, lalu klik Analyze. Maka akan tampil score dari template tersebut seberapa cepat. Template yang baik ditandai dengan Score Speed minimal B dan YSlow Minimal B. Semakin tinggi semakin bagus.

=== Berhasil kan ? ===
=== Berhasil lahh ! ===
=================

Jika ada pertanyaan bisa Chat :
= No Wa saya : 083 821 098 585
= Email saya 085scarletta@gmail.com


Admin juga open JASA PEMBUATAN HOSTING+UPLOAD SCRIPT sekalian. Dan juga menyediakan AKUN POINT BLANK,FACEBOOK,GAME ONLINE lainya. Jika anda berminat , u bisa hub WA : 083 821 098 585

========================================
Sekian dari saya terima kasih !!!!
========================================

No comments

Komen dengan bijak ya gan :D
Jika komen gk di bales dalam 3 hari , anda bisa WA ADMIN : 083 821 098 585 Untuk mengajukan pertanyaan.
Thankss..